1. Terlalu banyak solusi?
Garis besar
Permainan ini mengamati manfaat
brainstorming terhadap sekelompok
peserta dalam mengatasi masalah yang diberikan.
Tujuan
1.
Mengembangkan
kemampuan memecahkan masalah.
2. menghasilkan
sebanyak mungkin ide dari sekelompok orang dengan menggunakan tekhnik brainstorming.
3. Memperkenalkan
dan menerapkan sinergi.
Waktu yang dibutuhkan
30-60 menit (tergantung tipe masalah yang
diberikan).
Jumlah peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke
dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
Materi
yang dibutuhkan
Kertas flipchart dan spidol untuk masing-masing subkelompok.
Prosedur
1.
Bagi peserta menjadi tim yang
terdiri dari 5-7 peserta.
2.
Berikan sebuah masalah kepada
tim untuk diatasi. Masalah tersebut bisa berupa masalah yang berhubungan dengan
pekerjaan atau masalah imajiner. Misalnya, bagaimana mendapatkan lebih banyak
pelanggan untuk toko kita? Atau bagaimana caranya menjual es kepada orang
Eskimo?
3.
Peraturan:
Masing-masing
tim harus memilih seorang juru tulis.juru bicara. Juru tulis ini harus menggali
ide sebanyak mungkin dari anggota timnya selama 10-15 menit. Tidak ada diskusi
pendapat selama 10-15 menit tersebut.
Juru tulis diminta untuk mendorong anggota timnya mengeluarkan ide
apapun meski menggelikan atau tidak masuk akal.
Setelah 10-15 menit habis, masing-masing tim harus mengevaluasi
setiap ide yang dihasilkan timnya. Lalu memutuskan tiga ide terbaik. Setelah
memperoleh kesepakatan, masing-masing juru bicara harus mempresentasikan hasil
yang diperoleh timnya kepada seluruh peserta.
Setelah masing-masing tim mempresentasikan idenya, seluruh peserta
kemudian harus memutuskan satu ide terbaik yang telah disebutkan.
Poin
diskusi
1.
Tim mana yang memiliki ide
paling banyak? Mengapa?
2.
Apakah setiap orang terkejut
dengan jumlah ide yang dihasilkan?
3.
Apakah ide aneh dan menggelikan
dapat mengarahkan peserta untuk menggali lebih banyak ide produktif?
4.
Siapa yang memiliki masalah
dengan konsep tidak ada diskusi pada saat pertama ide dikeluarkan?
5.
Anggota kelompok mana saja yang
memberikan semangat kepada anggota lain untuk mengeluarkan lebih banyak ide?
Variasi
1.
Jika peserta memiliki masalah
yang sama, dapat digunakan dalam latihan ini.
2.
Masing-masing tim dapat
diberikan masalah yang berbeda untuk diatasi.
2. Relay
Garis
besar
Peserta memberikan kartu secepat mungkin
dalam bentuk relay. Latihan ini
digunakan sebagai kegiatan icebreaker.
Tujuan
1.
Membangun kerja sama tim.
2.
Sebagai latihan pemanasan bagi
peserta.
3.
Membuka komunikasi di dalam
masing-masing tim.
4.
Memperkenalkan dan menerapkan
sinergi.
Waktu
yang dibutuhkan
10-15 menit (tergantung jumlah peserta).
Jumlah
peserta
Tidak dibatasi, tapi perlu dibagi ke
dalam subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
Materi
yang dibutuhkan
Satu pak kartu remi untuk masing-masing
kelompok.
Prosedur
1.
Bagi peserta menjadi
subkelompok yang terdiri dari 5-7 peserta.
2.
Anggota masing-masing kelompok
menempatkan kursi mereka berjejer dalam satu baris. Yang paling baik adalah
semua subkelompok dapat saling melihat satu sama lain (hal ini membangun
kompetisi).
3.
Katakan kepada semua
subkelompok untuk duduk dan bahwa ini adalah sebuah kompetisi.
4.
Peraturan:
Para pemain di
salah satu ujung barisan harus mengambil sebuah kartu dari tumpukan kartu yang
berada di lantai di samping kursinya. Apabila mereka telah mengambil satu kartu
mereka harus memberikannya ke tangan anggota tim terdekat yang duduk di
sampingnya. Lalu anggota tim yang kedua meletakkan kartu itu di tangan satunya
kemudian memberikannya ke tangan terdekat anggota tim ketiga, dan seterusnya.
Ketika sampai pada angota tim yang terakhir, dia harus meletakkannya di samping
kursinya hingga membentuk tumpukan kartu seperti semula.
Jika seorang anggota tim menjatuhkan sebuah kartu, anggota lainnya
harus menunggu hingga kartu itu diambil kembali baru melanjutkan permainan.
Masing-masing anggota tim tidak boleh memegang lebih dari satu kartu pada saat
yang bersamaan.
Seluruh kartu yang berjumlah 52 harus dipakai dan akan dihitung di
akhir permainan.
Tim diberikan waktu 5 menit untuk merencanakan strategi mereka
sebelum memulai permainan. Tim yang selesai lebih dulu dinyatakan sebagai
pemenang.
Poin
diskusi
1.
bagaimana tim pemenang bisa
menag?
2.
Siapa yang memimpin sesi perencanaan
selama 5 menit? Mengapa?
3.
Siapa yang menjatuhkan kartu?
Mengapa? (Karena stress?)
4.
Apakah tahap perencanaan
berharga bagi tim? Mengapa?
5.
Apakah latihan ini dapat
dihubungkan dengan pekerjaan?
Variasi
1.
Tutup mata dapat digunakan oleh
seluruh atau sebagian anggota tim.
2.
Kartu remi dapat digantikan
dengan koin.
3.
Kartu dapat diminta untuk
dikembalikan ke barisan semula.
3. Mesin Manusia
Garis
besar
Dalam latihan ini para peserta harus
membentuk tim dan membangun sebuah mesin manusia.
Tujuan
1.
Menghidupkan suasana setelah
istirahat makan siang.
2.
Membangun kerjasama tim.
Waktu
yang dibutuhkan
10-15 menit
Jumlah
peserta
Tidak dibatasi, tapi dibagi menjadi
beberapa tim. Idealnya, masing-masing tim terdiri dari 8-12 peserta.
Materi
yang dibutuhkan
Tidak ada.
Prosedur
1.
Bagi peserta menjadi beberapa
tim.
2.
Berikan waktu 5 menit kepada
tim untuk merancang sebuah mesin manusia dimana seluruh anggota tim adalah
komponen mesin tersebut semua komponen manusia saling berhubungan satu sama
lain dalam gerakan, satu aksi menimbulkan aksi yang lain.
3.
Pada saat waktu perencanaan
habis, masing-masing tim harus mendemonstrasikan ‘mesin manusia’-nya.
4.
Seluruh tim harus memilih
rancangan yang terbaik.
Poin
diskusi
1.
Apakah setiap orang merasa
nyaman dengan latihan ini?
2.
Apakah makan siang setiap orang
telah mengendap?
Variasi
1.
Setelah masing-masing tim
mendemonstrasikan rancangannya, semua ‘mesin manusia’ dapat bergabung
bersama-sama.
2.
Perancangan dapat dilakukan
secara tertulis.
3.
Fasilitator boleh menyiapkan
potongan-potongan kertas berisi nama mesin yangharus dibuat oleh tim. Mesin ini
bisa meliputi mesin pembuat sosis, jam dinding besar, mesin pemadam kebakaran,
sepeda, kalkulator, kapal uap beroda, mesin ketik, mesin pembuat kopi, pengaduk
semen, dan lain-lain.
4. Pasar Loak
Garis
besar
Peserta memilih sebuah benda di atas meja
dan memberitahukan kepada peserta mengapa mereka memilih benda tersebut.
Tujuan
1.
Agar peserta saling mengenal
satu sama lain.
Waktu
yang dibutuhkan
10 menit ditambah 1-2 menit untuk setiap
peserta.
Jumlah
peserta
Paling banyak 16 orang, lebih dari itu
akan memakan waktu lama.
Materi
yang dibutuhkan
Sebuah meja dengan barang-barang pilihan
yang biasa terdapat di pasar loak atau laci/lemari barang-barang rongsokan. Jumlah
barang harus lebih banyak daripada jumlah peserta. Karton besar atau kain yang
lebar dibutuhkan untuk menutupi semua barang sebelum latihan dimulai.
Prosedur
1.
Letakkan barang-barang di atas
meja dan tutupi dengan kain sebelum peserta memasuki ruangan.
2.
Beritahukan peserta bahwa ketika kain penutup
dibuka, mereka maju ke depan dan memilih sebuah benda di atas meja yang karena
alasan tertentu menarik minat mereka.
3.
Setelah semua orang, telah memilih benda, mereka
harus memperkenalkan diri mereka dan menyatakan mengapa benda tersebut menarik
bagi mereka.
Poin
diskusi
1.
Apakah ada yang memperhatikan
bahwa beberapa barang yang dipilih sesuai dengan orang yang memilihnya?
2.
Adakah yang memperhatikan bahwa sebuah benda
kelihatan lebih sesuai untuk peserta yang lain? Mengapa?
Variasi
1.
Mintalah seorang peserta
memperkenalkan dirinya kepada peserta. Kemudian suruh peserta yang lain memilih
sebuah benda di atas meja yang dirasa sesuai dengan peserta yang baru saja
memperkenalkan dirinya. Tanyakan kepada mereka mengapa mereka
mengasosiasikannya dengan benda itu. ulangi untuk setiap orang dalam kelompok.
Garis
besar
Naskah ini dirancang bagi peserta untuk
meninggalkan semua kekhawatiran mereka di luar ruangan pelatihan.
Tujuan
1.
Agar peserta siap belajar.
2.
Mempernalkan latihan sederhana penghilang stress.
Waktu
yang dibutuhkan
10-15 menit.
Jumlah
peserta
Tidak dibatasi.
Materi
yang dibutuhkan
Selembar fotocopy ‘Naskah penuntun
fantasi Siap tempur’.
Prosedur
1.
Katakan kepada peserta agar
mencari posisi yang enak untuk latihan ini dan menutup mata mereka.
2.
Mintalah anggota kelompok mengambil nafasdalam-dalam
kemudian bacalah naskah perlahan-lahan untuk mereka.
Poin
diskusi
1.
Adakah yangmau mendeskripsikan
kotak mereka kepada peserta lain?
2.
Berhasilkah latihan ini? Mengapa?
3.
Dapatkah ini diterapkan di lingkungan pekerjaan atau
di rumah?
4.
Apakah setiap orang terkejut menyadari bahwa mereka
memiliki kekuatan untuk menghentikan kekhawatiran mereka dengan latihan yang
sederhana?
Variasi
1.
Di akhir latihan mintalah
setiap orang menggambar ‘kotak’ mereka dan menunjukkannya kepada peserta lain.
2.
Rekamlah naskah ini pada sebuah kaset dengan musik
pengiring.
Naskah
petunjuk fantasi Siap
tempur
(untuk dibaca pelan-pelan)
Saya ingin Anda dalam beberapa menit
memfokuskan pikiran Anda pada macam-macam kecemasan, hal-hal yang memenuhi
pikiran dan kekhawatiran yang Anda bawa ke tempat ini hari ini.
Mungkin ada
banyak hal-hal di pikiran Anda: apakah Anda ingat harus mematikan termos
listrik pagi ini sebelum Anda meninggalkan rumah, (berhenti) mungkin percakapan
yang belum selesai dengan seseorang, (berhenti) mungkin Anda sedang memikirkan
hal-hal yang mesti Anda kerjakan sepulangnya Anda dari sini, (berhenti) atau
hal-hal yang harus Anda kerjakan di kantor besok.
Silahkan merenung
sebentar untuk benar-benar fokus pada kecemasan-kecamasan ini sekarang,
(berhenti) dan buatlah daftar dalam pikiran Anda.
Daftar kecemasan
yang telah Anda buat menyita energi Anda. Kecemasan ini mencegah Anda untuk
sepenuhnya hadir di tempat ini secara lahir batin.
Bisa jadi tidak
ada satupun yang dapat Anda lakukan selama (jam/menit) ke depan atas kecemasan
ini, selain khawatir, (berhenti) dan hal itu akan mengalihkan pikiran dan
perhatikan Anda dari apa-apa yang dapat Anda pelajari di tempat ini, (berhenti)
jadi biarkan kekhawatiran itu pergi untuk sementara.
Saya ingin Anda
menciptakan sebuah kotak di dalam pikiran Anda, (berhenti) dengan penutup di
atasnya, (berhenti) dan sebuah gembok serta sebuah kunci. (berhenti) Kotak ini
bisa berukuran dan berbentuk apa saja sesuai keinginan Anda, (berhenti) tapi
harus cukup besar dan kuat untuk menampung segala kecemasan yang telah Anda
kenali. (berhenti) Kotak ini sekarang berada di hadapan Anda dengan tutup
terbuka.
Sekarang Saya
ingin Anda memasukkan setiap kecemasan Anda kedalam kotak tersebut, satu per
satu, (berhenti) pastikan bahwa semuanya telah masuk. (berhenti) Sambil Anda
melakukan ini semua, katakan kepada diri Anda sendiri, “Tidak ada yang bisa
saya lakukan terhadap hal ini sekarang, (berhenti) maka Saya akan membuang
kecemasan saya di dalam kotak ini, menguncinya selama saya berada di sini,
(berhenti) dan saya tahu bahwa saya dapat kembali lagi nanti dan mengatasi
semua kecemasan saya.
Sekarang apabila
Anda telah menaruh semua hal-hal yang memenuhi pikiran serta
kecemasan-kecemasan Anda ke dalam kotak tersebut, Saya ingin Anda menutup kotak
itu dan menggemboknya. (berhenti) sekarang Saya ingin Anda meletakkan kunci
kotak itu di dalam saku baju Anda atau di tempat penyimpangan lain, (berhenti)
dan ingat bahwa di akhir program ini, Anda dapat membuka gembok kotak Anda
dengan kunci yang Anda miliki dan membawanya pulang.
Setelah Anda
siap, Saya ingin Anda secara perlahan-lahan membuka mata Anda dan kembali
kemari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar